Ketiak Baju Menguning

Pernah memperhatikan bagian ketiak pada baju seragam atau kaos oblongmu yang warnanya putih. Lama kelamaan, ternyata ada bagian yang menguning karena keringat.
Tentu kita bingung. Kok, bisa jadi kuning? Apakah keringat warnanya kuning?
Padahal keringat tidak berwarna loh.
Lalu apa penyebabnya? Mari kita cari tahu kenapa bisa jadi kuning.
Tubuh setiap manusia itu mempunyai dua kelenjar keringat yaitu, eccrine dan apocrine.
Kelenjar keringat ekrin (eccrine) terdapat pada hampir seluruh bagian tubuh. Keringat dari kelenjar eccrine ini biasanya lebih ringan dan tidak berbau. Sementara, kelenjar keringat apokrin (apocrine) terdapat pada bagian tubuh yang memiliki banyak folikel rambut seperti kulit kepala, pangkal paha, dan ketiak.
Kelenjar aprocrine ini muncul saat anak-anak memasuki usia remaja. Keringat yang diproduksi oleh kelenjar aprocrine ini tidak hanya disebabkan karena cuaca panas, namun juga saat kita panik, atau mengalami peningkatan emosi yang tinggi. Makanya kita harus “Keep Calm and Carry On”.



Keringat yang diproduksi oleh kelenjar aprocrine ini lebih kental dan keluar ke permukaan kulit lewat kantung atau folikel rambut.
Kenapa lebih kental ?
Ini disebabkan kandungan lemak dan protein pada keringat. Lemak dan protein ini merupakan makanan bagi para bakteri. Bakteri yang ada di sekitar kelenjar keringat inilah penyebab aroma keringat jadi tidak sedap. Bakteri ini mengeluarkan gas yang membuat aroma keringat jadi berbau. Pada usia bayi dan anak-anak aroma keringat tidak begitu berbau. Tapi, ketika anak-anak tumbuh ke usia remaja, keringatnya mulai mengeluarkan bau.


Antiperspirants Untuk Membantu Meredakannya

Cara menyumbat kelenjar aprocrine ini adalah dengan menggunakan produk antiperspirants yang mengandung aluminium klorida, biasanya bentuknya seperti gel. Kandungan ini dapat bekerja untuk menyumbat kelenjar keringat apocrine. Jadi, produksi keringat dalam tubuh kita tidak terlalu banyak lagi.
Nah, ternyata kandungan dari aluminium klorida yang bereaksi dengan keringat itu memproduksi kandungan yang bereaksi juga dengan pakaian kita, sehingga menghasilkan warna. Dari sinilah warna kuning pada baju seragam atau kaos oblongmu. Bagian yang berwarna kuning umumnya memang ada di sekitar ketiak.
KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment