Setrika merupakan alat utama bagi ibu-ibu dalam menyiapkan baju kerja suami, seragam anak-anak, ataupun pakaian untuk keseharian menjadi lebih halus, licin, dan terlihat necis. Lambat laun setrika pun akan mulai using dan mengalami penurunan kinerja dan kualitas hasil setrikaan.

Dalam tulisan kali ini Konveksi Jakarta akan memberikan informasi mengenai tips anti lengket pada setrika.
Semua produk setrika, baik itu setrika uap ataupun setrika otomatis di era saat ini memang di produksi dengan kelebihan lapisan anti lengket. Namun, karena pemakaian yang terus menerus dalam tempo yang lama maka lapisan anti lengket pun lama-lama akan berkurang efektifitasnya. Biasanya, berkurangnya kemampuan anti lengket ini di akibatkan seringnya menyetrika kain dengan permukaan kasar ataupun terkena goresan resleting atau kancing pada baju. Benda keras dapat mengikis lapisan anti lengket yang terdapat pada permukaan anti lengket setrika.

Tips membuat setrika tidak lengket merupakan tips lama yang pernah di terapkan juga oleh orang tua kita dahulu. Mungkin dari zaman kakek dan nenek kita. Cara yang akan kita bagikan ini memakai alat dan bahan dari lingkungan yang ada di sekitar kita.

Air Cuka

Air Cuka
Bahan ini biasanya di gunakan untuk mebersihkan kerak membandel di toilet atau benda lainnya. Air cuka yang dilarutkan dalam air ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membuat setrika menjadi tidak lengket.

Cara melakukan tips ini adalah ketika setrika dalam keadaan masih hangat namun tidak terhubung dengan aliran listrik. Gunakan kain dengan permukaan kasar atau spon kasar untuk mempermudah proses pembersihan noda kerak atau gosong pada permukaan lapisan bawah setrika. Rendam kain kasar atau spon kasar ke dalam larutan air cuka yang sudah didiamkan kira-kira sekitar 15 menit. Gosokkan kain kasar atau spon kasar ke permukaan yang gosong atau berkerak. Anda bisa mengelap dengan kain basah yang lembut setelah permukaan setrika di bersihkan. Kekurangan dari tips ini adalah bau cuka yang agak menyengat dan sedikit mengganggu.


Daun Pisang
Daun Pisang
Pernah mencoba menyetrika dengan setrika arang ? Orang pada zaman dahulu memanfaatkan daun pisang sebagai alas menyetrika. Setrika saat ini menggunakan setrika arang. Meskipun proses penggunaan setrika arang agak lama karena harus menunggu arang hangat, tapi ternyata dengan bahan alami tersebut, pakaian yang disetrika bisa, licin, dan bau nya pun harum alami. Daun pisang memang berguna untuk melicinkan setrika dan menghilangi tingkat lengket pada permukaannya karena ternyata terdapat lilin berminyak di dalam kandungan daun pisang.

Cara membersihkan permukaan setrika dengan daun pisang adalah sbb :
Pastikan kabel setrika tidak tersambung listrik. Kemudian gosok-gosokkan daun pisang segar pada permukaan setrika yang lengket atau gosong. Lakukan hal tersebut hingga permukaan setrika anda bersih. Gunakan beberapa lembar daun pisang. Jika anda merasa daun sudah layu, ambilah daun lain yang lebih segar agar hasil pembersihan noda yang lengket pada setrika dapat bersih dengan maksimal.


Baking Soda
Baking Soda
Baking soda atau yang biasanya di sebut sebagai pengembang kue ternyata juga telah lama dipercaya dapat mengembalikan kelicinan permukaan suatu benda.
Gunakan kain lembut atau spon yang sudah tidak dipakai atau yang masih baru, lalu di celupkan ke dalam air yang sudah di larutkan dengan baking soda. Setelah terserap pada kain atau spon yang digunakan, pakailah kain tersebut untuk membersihkan noda pada permukaan setrika. Setrika akan kembali menjadi licin dan berfungsi dengan baik saat digunakan.

Kemiri
Kemiri
Kemiri sangatlah mudah Anda beli di warung atau pasar. Bahan alami ini ternyata dapat membersihkan kerak dan kotoran yang menempel pada permukaan logam setrika. Pastikan setrika berada dalam kondisi panas atau hangat. Lalu, gosokan kemiri pada permukaan setrika hingga merata seluruhnya. Fokuskan pembersihan pada bagian permukaan setrika yang berkerak dan kotor. Setelah merata seluruhnya, diamkan sampai setrika tersebut dingin.
Setelah setrika dingin, Anda bisa membersihkan sisa-sisa kemiri yang menempel sekaligus noda-noda di setrika yang berhasil terkelupas. Pembersihan ini bisa menggunakan kain lap biasa yang bersih tentunya. Semoga setrika Anda tidak lengket lagi.

Bedak Tabur
Bedak Tabur
Penggunaan bedak tabur ternyata bukan sebatas hanya untuk menghaluskan kulit saja, tetapi juga dapat menghaluskan kembali permukaan setrika yang lengket.
Langkah pertama, siapkanlah 2 buah kain yang masih bersih tanpa noda atau kain baru. Kain pertama dibasahi dengan air biasa saja dan kain kedua dibasahi dengan minyak sayur. Kain pertama ini dipakai untuk alas setrika dan kain yang kedua dipakai sebagai pembersih noda-noda pada setrika. Setelah setrika bersih dari noda, gunakanlah bedak tabur yang telah di siapkan untuk melumuri permukaan setrika. Kemudian gosokan permukaan setrika tersebut pada kertas yang tak terpakai. Gunakan kertas polos yang bersih ya. Selanjutnya, Anda bisa mulai mencolokan listrik agar setrika hangat. Ketika kondisi hangat, gosokkanlah permukaan setrika ke kain lap pertama yang tadi digunakan sebagai alas. Selain setrika kembali halus tips ini juga membuat setrika menjadi wangi bedak.

Itulah beberapa tips singkat dari Konveksi Jakarta yang dapat Anda gunakan tanpa harus membeli pembersih setrika yang berbahan kimia. Selain aman, bahan alami ini pun dapat mengembalikan setrika menjadi tidak lengket.

Semoga tips siingkat ini bermanfaat dan selamat di coba ya…! 
Bagikan tips ini jika memang bermanfaat ya…

KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment