Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Kalian pasti sudah tahu kan yang dimaksud dengan polo shirt itu seperti apa. Polo shirt memiliki ciri khas berkerah dengan kombinasi kancing 2 atau 3, ya umumnya seperti itu. Selain itu, ciri lainnya adalah dibuat dari bahan kaos berpori seperti sarang lebah (honeycomb). Sebagian besar orang mengenalnya dengan nama kain lacost atau lacoste (Lacoste ini mengacu ke merk polo shirt terkenal “Lacoste”).

Logo Lacoste
Logo Lacoste

Biasanya polo shirt dibuat dengan bahan yang nyaman. Pakaian ini cocok digunakan untuk aktifitas santai, formal, ataupun aktifitas berat.

Meskipun tampilannya terkesan sangat simple, tetapi jika diperhatikan secara detail kaos polo shirt juga memiliki keunikan tersendiri.

Kita bisa melihatnya dari beberapa aksen yang melekat pada polo shirt seperti kerah, tape, placket, cuffs, side seam, side vent, extended tail, serta hem yang membuat polo shirt terkesan semakin berkelas.

Pada artikel kali ini,
Konveksi Jakarta akan menjelaskan mengenai bagian penting pada polo shirt. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Collar (Kerah)

Kerah (Collar) Polo Shirt

Collar atau kerah merupakan bagian polo shirt yang terletak diatas. Kerah umumnya dibuat dengan proses kain rajutan. Tetapi, pada beberapa model polo shirt ada juga yang dibuat dari kain/bahan polo shirt itu sendiri. Kerah ini biasanya dibuat dengan rajutan benang. Ada yang jenisnya katun, nylon, cvc, ataupun polyester. Selain itu, kerah juga bisa dibuat bermodel-model sesuai permintaan pelanggan.


Tape

Tape


Tape merupakan semacam pita atau kain berwarna putih yang dijahit secara horisontal pada bagian dalam polo shirt tepatnya di bawah kerah atau di bagian pundak. Fungsi utamanya adalah untuk menahan kerah atau jahitan agar tidak bergeser dan tetap pada posisinya.


Placket and Buttons

Placket and Buttons

Placket merupakan bagian polo shirt yang terletak di bagian depan. Bentuknya memanjang secara vertikal dan dapat difungsikan sebagai patokan untuk penempatan kancing serta lubang kancing pada polo shirt.

Buttons merupakan kancing yang melekat pada placket. Biasanya ada yang 2 kancing atau 3 kancing. Buttons ini bila di kombinasikan dengan warna yang menarik, tentu akan terlihat menarik dan sangat keren.



Cuffs (Manset)

Manset atau Cuffs


Cuffs atau manset merupakan bahan yang terdapat pada bagian ujung lengan polo. Manset sama seperti hal-nya kerah (collar) yang umumnya dibuat dari rajutan dengan bahan elastis agar bisa meregang atau tampak body fit.





Side Seam

Side Seam


Side seam merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan model jahitan samping polo shirt (jahitan yang menghubungkan bagian depan dan bagian belakang polo shirt). Di Indonesia lebih familiar dengan penyebutan obras.

 



Side Vent

Side Vent


Salah satu ciri khas polo shirt adalah memiliki ciri khas belahan pada samping, tepatnya di ujung bawah polo shirt (kanan dan kiri). Bagian inilah yang dinamakan side vent. Memang tidak semua menggunakan belahan samping, tapi umumnya pakai side vent.

 




Extended Tail

Extended Tail

Extended tail merupakan istilah digunakan untuk menyebutkan bagian belakang polo shirt yang dibuat lebih panjang dari bagian depannya. Bagian ini dibuat untuk tujuan agar polo shirt tidak keluar Ketika penggunan-nya menggunakan gaya tucked in.

 



Hem

Jahitan Hem atau Kamput

Hem yang terletak di bagian bawah dalam polo shirt biasanya dibuat dengan menggunakan dua jahitan rantai (overdeck) yang saling mengunci. Fungsi utamanya adalah untuk memperkuat bagian bawah polo shirt dan menghasilkan finishing yang lebih rapih. Hem ini biasanya familiar dengan nama kamput.

 




Demikian penjelasan singkat
Konveksi Jakarta mengenai bagian-bagian penting pada polo shirt. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.


Apabila kalian membutuhkan jasa pembuatan kaos ataupun seragam polo shirt berikut bordir logo-nya, bisa menghubungi Konveksi Jakarta.

Anda bisa meminta untuk dikirimkan sample hasil produksi KonveksiJakarta, guna memastikan kualitas yang sebenarnya. Pegang bahannya dan rasakan langsung kualitasnya. Konveksi Jakarta telah memproduksi ribuan polo shirt dengan kualitas terbaik.


KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment