Apakah Anda pernah mengamati secara detail bentuk jahitan yang terdapat pada bagian rib leher atau kerah kaos anda?
Pada setiap bagian rib leher atau kerah kaos biasanya terdapat jahitan kecil yang biasa disebut dengan stick, walaupun dalam beberapa model kaos oblong ada yang dibuat tanpa stick sama sekali.

Fungsi stick jahitan pada rib leher kaos oblong adalah untuk mengunci antara bagian rib leher (seperti karet) dan bahan kaos yang khususnya di bagian depan sehingga rib menjadi tidak mudah melipat apabila kaos sudah dipakai terlalu lama dan lebih kuat dalam hal keawetan bagian lehernya.
Penasaran seperti apa bentuk-bentuk jahitan stick pada rib leher kaos oblong yang biasa digunakan.
Berikut ini macam-macam jahitan stick pada rib leher kaos oblong :

Jahitan Tanpa Stick
Kaos oblong tanpa jahitan stick pada rib leher memang membutuhkan waktu produksi yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan kaos yang menggunakan jahitan stick pada rib lehernya. Tapi, setelah digunakan dan dicuci beberapa kali bagian rib dari kaos ini akan mudah terlipat, melebar, dan tingkat keawetan kaos pun menjadi tidak lama. Biasanya kaos oblong yang tanpa jahitan stick adalah kaos partai dan kaos promosi meskipun beberapa kaos distro pun banyak yang tanpa jahitan stick pada rib lehernya. Hal ini biasanya karena kebutuhan model yang sedang tren di pasaran.
Kaos oblong dengan jahitan tanpa stick

Jahitan Stick Overdeck Tunggal
Jahitan Stick Overdeck merupakan salah satu jenis jahitan pada rib leher kaos oblong yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Mesin ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan bagian lengan dan bawah kaos atau yang biasa disebut proses kamput. Rib leher pada kaos oblong yang dijahit dengan stick overdeck tunggal umumnya akan lebih awet meski sudah digunakan berulang kali.
Kaos oblong dengan jahitan stick tunggal

Jahitan Stick Overdeck Ganda
Seperti halnya jahitan stick overdeck tunggal, jahitan stick overdeck ganda ini juga berfungsi untuk memperkuat posisi rib leher dan bagian leher kaos. Model jahitannya adalah jahitan ganda yang menjepit antara rib leher dan bahan kaos. Jahitannya lebih kecil di banding yang stick overdeck tunggal tetapi mampu memberikan jaminan keawetan rib leher pada kaos oblong. Biasanya jahitan ini digunakan untuk kaos distro yang berkualitas tinggi.
Kaos oblong dengan jahitan stick ganda

Jahitan Stick Kecil
Jahitan stick overdeck kecil ini berfungsi untuk memperkuat posisi rib leher pada kaos oblong. Model jahitannya lebih simple dan lebih kecil dibanding jahitan stick yang lainnya. Jahitan Stick Kecil ini pada dasarnya termasuk kedalam jenis stick fungsional yang banyak digunakan sebagai standar jahitan kaos oblong.
Kaos oblong dengan jahitan stick kecil

Jahitan Stick Besar
Jahitan Stick Besar sebenarnya hanya berbeda ukuran besar dan kecil sticknya saja. Jahitan stick besar tentunya memiliki stick jahit yang lebih besar. Jahitan Stick Besar memiliki keunggulan karena akan mengunci bagian dalam obras dengan bagian rib lehernya dan bahan kaos. Jahitan Stick Besar sangat umum digunakan pada kaos oblong standar konveksi ataupun garment.
Kaos oblong dengan jahitan stick besar

Jahitan Stick Overdeck Kumis
Jahitan Stick Overdeck Kumis merupakan  salah satu jenis stick jahit yang memiliki fungsi variasi. Bentuk jahitan yang dihasilkan akan terlihat seperti jahitan kumis/zig-zag. Untuk menyelesaikan bagian rib leher kaos dengan jahitan stick overdeck kumis/zig-zag dibutuhkan waktu yang lebih lama dan tentunya biaya produksi lebih mahal dibandingkan jahitan stick yang standar.
Kaos oblong dengan jahitan stick kumis

Sekarang sudah tahu kan berbagai macam jahitan stick pada rib leher kaos oblong. Ternyata jahitan stick pada rib leher kaos oblong ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam menjaga dan mempertahankan keawetan kaos oblong.

Anda ingin membuat kaos oblong dengan jahitan yang berkualitas dan harga yang terjangkau? Anda bisa memesannya disini.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua...

KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment

  1. Replies
    1. Untuk detail harga bisa langsung WhatsApp saja ke nomor kami 0812 1221 7698

      Delete
  2. Kalo rib yg ngejahitnya kayak nindih itu namanya apa ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya nindih seperti apa kak ? bisa email atau WA utk diskusi.

      Terima Kasih!

      Delete
  3. Sy punya kaos pada bagian label atau tag jahitan nya pada rusak..bisa di bikin baru ga?

    ReplyDelete