Jangan salahkan baju Anda jika cepat rusak atau warnanya pudar. Anda harus merawatnya dengan detail di setiap tahap pencucian dan perhatikan cara pemakaiannya.

Pernahkah Anda merasa bingung memakai baju apa ketika harus menghadiri sebuah undangan pesta atau acara? Kemudian Anda memutuskan membeli baju baru, padahal kalau Anda melihat ke dalam lemari pakaian, koleksi baju Anda di dalam lemari cukup banyak dan semuanya sebenarnya masih layak pakai. Alasan Anda biasanya warna baju sudah pudar, ada noda membandel, mengerut, sudah pernah dipakai, belum di setrika, dan lain sebagainya.

Baju yang menjadi cepat rusak karena kebanyakan pemilik tidak mengerti cara merawat Bajunya supaya awet dan selalu tampak baru. Hal paling mendasar untuk merawat baju adalah dengan mengetahui jenis kainnya. Setiap jenis kain memerlukan perawatan yang berbeda.
Lima tahap perawatan baju ini sebaiknya Anda perhatikan supaya baju Anda awet dan selalu tampak kelihatan baru.

1. Tahap mencuci
Mencuci adalah proses awal dalam perawatan baju Anda. Berbeda jenis kain, berbeda pula teknik mencucinya. Pisahkan baju yang berwarna putih dan yang berwarna selain putih, tingkat kekotorannya, dan jenis bahannya karena beberapa jenis kain tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Anda juga harus memperhatikan penggunaan deterjen atau sabun cuci. Oleh karena itu, pilihlah deterjen yang aman untuk kulit. Di akhir pencucian, gunakan pelembut pakaian agar pakaian-pakaian Anda harum dan lembut.

2. Tahap menjemur
Menjemur baju sebaiknya menggunakan hanger supaya bentuknya tetap bagus. Gunakan hanger yang sesuai agar bagian leher tetap bagus. Jemur pakaian dalam keadaan terbalik, bagian dalam yang di luar. Hal ini untuk mencegah warna pakaian menjadi cepat pudar karena terkena sinar matahari.

3. Tahap menyetrika
Baju yang hendak disetrika harus benar-benar dalam kondisi kering, supaya tidak bau apek. Cairan pelicin pakaian juga bisa dipergunakan selama tidak merusak bahan pakaian. Atur suhu setrika pada pengaturan yang sesuai dengan jenis bahan baju sehingga tidak menyebabkan baju Anda menjadi rusak.

4. Tahap penyimpanan
Simpanlah baju yang sudah rapi dan wangi di dalam lemari pakaian tertutup supaya tidak kena debu dan kotoran. Gunakan kamper dan pewangi pakaian yang bisa digantung di dalam lemari untuk membuat baju dan lemari Anda tetap terjaga keharumannya. Selain itu, baju sebaiknya diatur dengan rapi atau digantung dan tidak disimpan dalam lemari yang penuh sesak dengan pakaian lainnya.

5. Cara pemakaian
Baju yang khusus dan mahal sebaiknya tidak terlalu sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Baju yang biasa Anda kenakan untuk beraktivitas sehari-hari, sebaiknya juga tidak dipakai untuk tidur. Sesuaikan pemakaian baju dengan kebutuhan dan tempatnya. Anda juga bisa memadu padankan pemakaian baju-baju yang ada di lemari supaya tidak bosan.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir lagi tidak punya baju bagus untuk pergi ke pesta atau mendatangi sebuah acara. Gunakan lima tips tadi untuk merawat baju Anda.

KonveksiJakarta.com

Konveksi Jakarta

KonveksiJakarta.com adalah Konveksi garment dan percetakan yang memproduksi berbagai produk seperti kaos oblong, polo shirt, seragam kerja, seragam kantor, jaket, hoodie, topi, tas promosi, apron/celemek, handuk bordir, mug sablon, promotional product dan sebagainya.

"Kami terus berkembang dan berusaha membuat produk yang lebih baik."

Post a Comment